Tips Merawat Gelang Berlian Agar Tetap Berkilau

Perhiasan seperti gelang berlian perlu mendapatkan perawatan khusus sehingga bisa tetap berkilau. Meskipun berlian tergolong batuan yang tak mudah tergores, namun jika tidak dirawat dengan baik maka bisa terlihat kusam.

Berikut ini beberapa tips yang perlu dilakukan untuk merawat perhiasan berlian.

  1. Jangan Sering Menyentuh Berlian

Kilauan berlian yang indah kadang mendorong seseorang untuk menyentuhnya. Jari tangan cenderung tidak bersih dan kadang mengandung minyak sehingga itu bisa membuat berlian menjadi terlihat kusam.

  1. Melepaskan Gelang Saat Bekerja Dengan Bahan Kimia

Saat akan mencuci piring ataupun mencuci pakaian maka tangan akan bersentuhan dengan bahan kimia yang terdapat dalam sabun. Sebaiknya lepaskan gelang sebelum tangan menyentuh bahan-bahan kimia tersebut.

gelang berlian
                                              gelang berlian

Selain dengan bahan kimia, perhiasan berlian sebaiknya juga tak dipakai saat sedang bekerja keras. Misalnya saat sedang berkebun, mengangkat alat berat, memperbaiki mobil, dan lain-lain.

  1. Membawa Perhiasan Berlian Ke Ahli Perhiasan Dua Kali Setahun

Perhiasan yang mengandung berlian perlu diperiksakan secara berkala pada profesional. Apalagi jika berlian tersebut cukup banyak bertaburan di perhiasan yang dipakai. Para ahli akan memeriksa apakah berlian tersebut dalam kondisi baik dan bentuk yang bagus. Jika ada yang mengalami kerusakan maka dapat segera diperbaiki.

  1. Membersihkan Dengan Sabun Cuci Piring

Buatlah larutan campuran air hangat dan sabun cuci piring. Masukkan perhiasan berlian dalam larutan tersebut. Biarkan selama lima menit untuk memudahkan membersihkan minyak dan kotorannya. Setelah itu baru sikat menggunakan sikat gigi. Lakukan dengan perlahan, jangan terlalu keras karena bisa membuat berlian terlepas ataupun rusak. Bilas dan kemudian keringkan.

Cara lain untuk membersihkan perhiasan berlian yaitu dengan larutan ammonia. Caranya mudah yaitu cukup merendam gelang berlian ke dalam larutan amonia selama setengah jam lalu bilas, tak perlu di sikat.

  1. Menempatkan Berlian Di Tempat Khusus

Jangan menempatkan perhiasan di sembarang tempat, apalagi perhiasan berlian. Jika memiliki beberapa koleksi, maka bisa menempatkannya dalam satu kotak khusus yang memang diperuntukkan bagi perhiasan. Kotak perhiasan biasanya akan memiliki bagian yang lembut yang dapat mencegah goresan, serta memisahkan satu perhiasan dengan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *