Tips Editing Video Ala Profesional

0

Kuliah editing video profesional menjadi primadona anak muda zaman sekarang yang kebanyakan sangat menyukai video digital. Khususnya youtuber yang mengedepankan editing visual menarik dan menghibur penontonnya. Terlepas dari apakah konten yang buat baik atau mengedukasi, sepanjang video menarik akan memiliki penggemar tersendiri. 

Menjadi editor yang andal bisa diperoleh melalui kuliah editing video profesional di  maupun dengan mengikuti sejumlah trik oleh editor profesional. Berikut ini beberapa tips editing video yang biasa dilakukan oleh para profesional:

     1. Rapikan Materi Project Terlebih Dahulu 

Biasanya data-data gambar yang telah terkumpul dipindahkan begitu saja tanpa dilakukan pemilihan dan penggolongan kategori. Padahal hal tersebut dapat membuat bingung dalam mencari sumber data gambar, musik ataupun grafis.

Kuliah editing video profesional
Kuliah editing video profesional

Untuk menanggulanginya sebaiknya biasakan membuat sebuah folder pusat saat akan memulai suatu Project. Yang akan digunakan sebagai sumber utama data dalam editing berdasarkan kategorinya agar lebih terorganisir.

     2. Pakailah Custom Keyboard Shortcut

Kemampuan mengedit secara cepat dan fleksibel menjadi faktor utama yang diperlukan oleh seorang editor. Ada sejumlah software editing yang mempunyai fitur custom keyboard shortcut yang bisa diatur sesuai keinginan. Salah satu aplikasi software editing yang mudah dan hasilnya bagus ialah Adobe Premiere Pro.

     3. Variasi dalam Shot

Kepuasan visual adalah hal penting dalam sebuah video, maka pengambilan gambar haruslah selalu menarik pada setiap pergantian gambar. Misalnya dengan mencoba menggunakan beragam angle pada sebuah adegan atau teknik efek zoom  efek transisi yang unik. Maupun tambahan efek grafis lainnya dengan memperhatikan teknik pemenggalan agar pas atau proporsional.

     4. Penggunaan Grading Warna 

Ada berbagai macam teknik grading warna, mulai dari grading manual, lumetri sampai dengan preset yang telah tersedia. Mengatur warna bisa menjadi poin yang membedakan mood dalam video, dengan memberikan kesan ceria, sedih maupun menegangkan. Grading warna bisa dipelajari dengan mencontoh berbagai film atau video di youtube. 

Pada rangkaian produksi dalam sebuah video, proses editing merupakan hal yang paling krusial. Ketelitian, kecepatan, serta gaya editing dari seorang editor akan sangat memengaruhi hasil akhir dari video. Pasalnya editing memerlukan waktu yang cukup lama pada proses akhir membuat sebuah video. Untuk itu kuliah editing video profesional dapat mengasah kemampuan editor lebih baik lagi. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.