Ingin Traveling? Cek Persiapan Roda Empat Kamu sebelum Perjalanan Jauh!

0

 123rf.com

 Saat ini traveling sudah menjadi gaya hidup bagi setiap orang. Di sela waktu libur bekerja atau kuliah, traveling sangat cocok buat kamu yang ingin memanjakan diri dari penatnya kesibukan yang dijalankan sehari-hari. Dengan cara berlibur ke suatu tempat pasti akan  menambah wawasan dan pengalaman berharga untuk kamu.

Liburan semakin mengasyikan apabila kamu membuat planning dengan keluarga, sahabat atau pasangan ke suatu tempat yang belum pernah kamu datangi sebelumnya. Jika kamu berencana membawa kendaraan pribadimu seperti mobil, pastikan cek pemeriksaan kondisi mobil kamu agar tidak ada masalah saat di jalan. Karena dengan adanya masalah seperti mogok atau ban bocor di jalan, pastinya akan membuat liburanmu menjadi menyusahkan dan menyebalkan.

Mau tahu apa saja yang harus diperhatikan dan diketahui untuk mengecek bagian mobilmu? Nih, kita kasih jawabannya!

  1. Periksa Oli Mesin

 

liputan6.com

Pastikan oli mesin cukup, jika oli kurang tambahkan secukupnya. Cara cek

volume oli mesin sangat simple hanya dengan melihat stik oli dan lihatlah batas oli pada stik oli tersebut. Level oli harus berada di garis tanda “L” dan “F”, pastikan juga batas waktu (kilometer) pemakaian oli kamu cukup sampai jarak yang akan ditempuh.

  1. Filter dan Selang Bensin

m.inkuiri.com

Jangan lupa periksa filter bensin mobil kamu agar tidak tersumbat dan pastikan juga selang bensin bahan bakar tidak bocor dan tidak ada keretakan. Karena penyumbatan atau kebocoran pada filter dan selang bensin bisa menyebabkan mogok. Pastikan mobil kamu di servis berkala agar filter dan selang bensin tetap bersih.

  1. Air Radiator dan Air Reservoir Mobil

doktermobil.com

Kalau kamu mau liburan nyaman tanpa ada gangguan, maka pastikan mengecek air radiator agar terisi penuh dan air reservoir sampai batas level. Periksa juga kondisi selang radiator dan resevoir mobil mu, apakah selang tersebut ditemukan keretakan atau tidak. Selain itu pastikan sambungan selang radiator dan mesin tidak ada kebocoran.

  1. Periksa Rem Mobil

indoparts.id

Pastikan minyak rem berada di level minimal dan periksa juga apakah kondisi minyak rem ada masalah, seperti kebocoran atau tidak. Periksa pada selang rem dan lihat apakah kondisi velg mobil mu basah atau kering, jika basah kemungkinan roda silinder bocor. Sebelum perjalanan jauh pastikan sistem rem mobil kamu tidak ada gangguan saat di jalan.

  1. Ban

tribunnews.com

Untuk menambah kenyamanan berkendara, pastikan kondisi ban mobil dan tekanan angin dalam kondisi baik. Kamu juga bisa ke toko jual velg mobil untuk memodifikasi velg mobil kamu agar terlihat lebih keren lagi.

 

  1. Lampu

seva.id

Ceklah semua lampu apakah dalam kondisi baik atau menyala dengan normal. Apabila lampu ada yang tidak berfungsi pastikan langsung membawa mobilmu ke tempat servis.

  1. Aki (Accu)

finansialku.com

Periksa air aki sesuai dengan level minimal, jika kurang tambahkan secukupnya dengan air aki murni. Bersihkan kutub aki mobil mu dari kerak dan kotoran.

  1. Periksa Putaran Kipas Pendingin

gridoto.com

Pastikan pendingin mobil berfungsi secara normal dengan memperhatikan temperature pada jarum pointer. Cek juga tegangan tension belt agar putaran kipas berputar secara optimal.

  1. Air Filter Mobil

gridoto.com

Air filter atau saringan udara berpatokan pada jarak tempuh yaitu, sekitar 10.000 km. Maka air filter perlu dibersihkan sebelum perjalanan berlibur kamu.

  1.  Timing Belt

m.medcom.id

Penggantian timing belt harus dilakukan secara rutin lho. Biasanya penggantian timing belt berpatokan dengan jarak tempuh di speedometer mobil. Maka sebaiknya setiap 20.000km sampai 50.000km timing belt harus segera ganti.

Itu dia berbagai perkakas kendaraan mobil kesayanganmu sebelum kamu melakukan traveling ke tempat yang jauh. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kamu, ya.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.