Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Memutuskan Untuk Kerja Sambil Kuliah

0

Bekerja sambil kuliah memang terdengar keren dan sangat milenial. Namun pada kenyataanya kerja sambil kuliah bukanlah hal yang mudah. Sebagian besar orang memutuskan untuk bekerja sambil kuliah karena tuntutan pekerjaan, ingin naik jabatan, dan alasan yang lain. Apapun alasannya, bekerja sambil kuliah sebaiknya tidak dianggap remeh karena keduanya sama-sama membutuhkan dedikasi.

Meskipun menyita banyak waktu dan tenaga, kerja sambil kuliah memberikan banyak keuntungan seperti memperbanyak relasi, jam kuliah yang lebih singkat, dan sebagainya. Bila anda juga ingin mengambil kuliah dengan bekerja, berikut ini beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan.

Kesiapan mental dan fisik

Image result for https://ids.ac.id/

Hal pertama dan utama yang harus dipertimbangkan adalah kesiapan mental dan fisik. Bekerja sambil kuliah menuntut anda untuk kuat secara mental dan fisik. Hal ini karena kuliah kelas karyawan biasanya diadakan malam hari setelah jam kerja atau pada hari Sabtu dan Minggu. Artinya bekerja sambil kuliah akan menyita sebagian besar waktu anda untuk istirahat atau melakukan kegiatan yang lain. Selain itu, anda juga dituntut untuk mempunyai fisik yang kuat dan sehat karena tenaga anda akan terkuras lebih banyak.

Kesiapan secara mental juga sangat diperlukan karena bagaimanapun juga dunia kerja adalah dunia yang keras. Meskipun anda sudah berusaha sebisa mungkin, namun masalah di tempat kerja bisa saja muncul. Sehingga anda perlu mempersiapkan mental terhadap masalah-masalah yang muncul ketika memutuskan bekerja sambil kuliah.

Izin dari orangtua dan atasan

Sebagai seorang yang sudah dewasa anda mungkin merasa bisa memutuskan apa saja. Namun untuk masalah bekerja sambil kuliah, sebaiknya anda meminta izin terlebih dahulu pada orangtua dan atasan. Meminta izin pada atasan akan mempermudah perjalanan anda ketika menjalani kuliah sekaligus bekerja. Misalnya kemudahan mendapatkan izin bila diperlukan ataupun mendapatkan bahan penelitian yang sesuai dengan bidang pekerjaan.

Waktu diluar jam kerja dan kuliah

Salah satu pertimbangan terbesar ketika kerja sambil kuliah adalah manajemen waktu. Ketika anda memutuskan untuk bekerja sambil kuliah, sebagian besar waktu anda kan tersita untuk dua kegiatan tersebut. Sehingga anda harus pandai memanfaatkan waktu luang diantara kerja dna kuliah untuk belajar ataupun berkumpul dengan keluarga. Masalah manajemen waktu ini memang tidak mudah, sehingga anda harus benar-benar memahami efek bekerja sambil kuliah terhadap waktu anda.

Kegiatan lain

Sekalin kuliah dan bekerja, sebagian besar orang juga mempunyai kegiatan yang lain seperti bergabung di organisasi ataupun melakukan hobi di waktu luang. Ketika anda memutuskan untuk bekerja sambil kuliah, anda juga harus mempertimbangkan dengan seksama tentang kegiatan-kegiatan lain yang anda miliki. Bila anda sudah mempunyai kegiatan yang padat, anda mungkin ingin membagi porsi waktu untuk semua kegiatan. Namun sebaiknya anda juga mengetahui batasan diri dan hindari memaksakan diri untuk melakukan semua kegiatan.

Pilihan kampus dan jurusan

Hal lain yang harus diperhatikan adalah pilihan kampus dan jurusan. Ada banyak jurusan yang menawarkan kuliah sambil bekerja seperti STMIK Indo Daya Suvana. Pilih universitas yang menawarkan kuliah kelas karyawan. Namun biasanya pilihan jurusan yang disediakan tidak sebanyak kuliah regular. Pilihan jurusan biasanya hanya seputar jurusan yang banyak diminati di dunia kerja. Anda bisa memilih jurusan kuliah yang linear dengan bidang pekerjaan saat ini sehingga anda tidak perlu lagi repot belajar mulai dari awal.

Leave A Reply

Your email address will not be published.