5 Istilah Penting dalam Investasi Reksa Dana

0

Reksa dana merupakan instrumen investasi yang memiliki risiko cenderung kecil dengan sistem yang cukup mudah. Karena hal tersebut, tidak heran jika banyak investor pemula memilih reksa dana sebagai instrumen investasi. Namun sebelum memulai investasi reksa dana, Anda perlu memahami istilah-istilah yang ada di dalamnya sehingga tidak salah paham. Langsung saja, berikut ini 5 istilah penting yang harus Anda pahami sebelum berinvestasi di reksa dana:

investasi reksa dana
investasi reksa dana

Nilai Aktiva Bersih (NAB)

Nilai Aktiva Bersih atau NAB menunjukkan total dana yang sedang dikelola oleh sebuah reksa dana, mencakup saham, kas, deposito, maupun obligasi. Semakin besar nilai NAB maka kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan manajer investasi juga semakin besar. Selain NAB, ada juga istilah NAB/UP atau Nilai Aktiva Bersih per Unit Penyertaan. Istilah tersebut bisa dikatakan sebagai harga reksa dana dimana transaksi yang dilakukan berdasarkan nilai tersebut.

Manajer Investasi

Manajer investasi merupakan pihak profesional yang bertugas untuk mengelola dana investor. Dana-dana tersebut akan diinvestasikan pada beragam surat berharga atau sekuritas agar mampu memberikan keuntungan pada investor. Contoh perusahaan manajer investasi terbaik di Indonesia yaitu PT Manulife Aset Manajemen Indonesia.

Portofolio Efek

Jika berinvestasi dalam bentuk reksa dana, pasti Anda akan menemukan istilah portofolio efek. Pengertian portofolio efek sendiri merupakan kumpulan dari surat-surat berharga seperti obligasi, saham, unit penyertaan yang telah dijual, surat berharga komersial, surat pengakuan utang, serta tanda bukti utang.

Transaksi Switching

Sesuai dengan namanya, transaksi switching merupakan sebuah transaksi yang disebabkan oleh pengalihan reksa dana pertama ke reksa dana lainnya. Pemindahan ini bisa dilakukan dalam satu unit penuh ataupun sebagian unit, sesuai dengan keinginan dari investor.

Bank Kustodian

Istilah terakhir adalah bank kustodian yang merupakan lembaga keuangan dengan tugas sebagai pengawas, administrator, menyimpan, dan menjaga aset reksa dana. Lembaga keuangan ini juga seperti perusahaan manajer investasi yang harus diawasi oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuangan.

Itulah 5 istilah penting yang harus Anda ketahui mengenai investasi reksa dana. Jika memang berminat untuk berinvestasi Anda bisa mengunjungi www.klikmami.com untuk membeli produk reksa dana. Website tersebut merupakan website resmi dari PT Manulife Aset Manajemen Indonesia yang merupakan perusahaan manajer investasi terbaik dan terpercaya di Indonesia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.