Makanan Pereda Sakit Perut yang Aman Buat Si Kecil

0

Saat mengalami sakit perut, tentu saja segala aktivitas akan terganggu. Tak hanya dirasakan oleh orang dewasa, gejala sakit perut juga kerap dirasakan oleh anak-anak. Lantas, banyak sekali cara mengatasi sakit perut pada anak yang bisa Ibu coba di rumah. Misalnya dengan memberikan Si Kecil beberapa makanan pereda sakit perut. 

Nah, apa saja sih makanan pereda sakit perut yang aman bagi Si Kecil? yuk simak penjelasan berikut ini. 

Makanan pereda sakit perut untuk Si Kecil

cara mengatasi sakit perut pada anak

Buah pepaya 

Mengonsumsi buah pepaya merupakan salah satu cara mengatasi sakit perut anak. Buah ini mampu membantu melancarkan pencernaan. Kandungan chymopapain dan papain yang ada dalam buah pepaya dapat membantu memecah protein. Kandungan zat inilah yang kemudian memberikan asam sehat  di dalam sistem pencernaan. 

Yoghurt

Makanan ini jelas banyak disukai anak-anak. Selain rasanya yang enak, makanan ini juga sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan Si Kecil, loh. Yoghurt dapat meredakan gejala sakit perut yang dialami oleh Si Kecil. maka dari itu, orangtua tak perlu lagi khawatir untuk memberikan makanan ini saat Si Kecil sedang diare. Yoghurt memiliki kandungan aktif yang dapat membantu meningkatkan bakteri baik di dalam usus. Selain itu, yoghurt juga dapat mengurangi rasa kembung, dan juga melancarkan pencernaan. 

Oat

Jika Si Kecil memiliki gejala sakit perut yang hingga melilit, maka Ibu bisa mencoba memberinya semangkuk gandum hangat yang bisa dicampurkan dengan susu. Makanan yang kaya serat ini akan sangat baik dalam membantu meredakan sakit perut yang melilit pada Si Kecil. 

Jus wortel

Jus wortel juga sangat ampuh dalam mengatasi sakit perut pada anak. Anda cuma tinggal menambahkan beberapa helai daun mint saja di dalam jus tersebut. Jus buah ini nantinya akan menenangkan perut si Kecil dan memberi rasa nyaman. 

Buah pisang

Buah pisang sangat mudah dicerna oleh anak-anak. Selain teksturnya yang ramah dengan anak-anak, buah ini juga bisa membantu meredakan gejala sakit perut pada Si Kecil, loh. Buah ini memiliki pektin yang dapat membantu gerakan usus di dalam tubuh secara alami. Selain itu, tingkat elektrolit dan kalium dalam buah pisang juga sangat tinggi. Sehingga kandungan tersebut dapat membantu mengurangi dehidrasi dalam tubuh Si Kecil. 

Beras putih

Makanan berikutnya yaitu beras putih. Makanan ini merupakan makanan sehat yang dapat membantu meredakan gejala sakit perut pada Si Kecil. Kandungan karbohidrat yang dimilikinya dapat membantu menenangkan gejala sakit perut. Selain nasi putih, Ibu juga bisa memberikannya makanan lain seperti kentang, dan roti. Jenis makanan ini akan sangat efektif dapat membantu mengatasi diare pada anak. Makanan ini mengatasi permasalahan tersebut dengan cara menyerap cairan lalu mengeluarkannya bersama kotoran. 

Air kelapa

Makanan sehat pereda perut sakit selanjutnya yaitu air kelapa. Gula alami yang terkandung dalam air kelapa dapat membantu memberikan kalori serta elektrolit. Kandungan kalium di dalam air kelapa ini dapat membantu proses detoks pada perut Si Kecil.

Setelah Si Kecil sembuh dari sakit perutnya, jangan lupa Ibu perhatikan pola makan dan juga apa saja yang dikonsumsi Si Kecil. Pastikan Si Kecil makan makanan bergizi, bersih, dan sehat. Selain itu, Ibu juga perlu mengajarkan kebersihan pada Si Kecil. Misalnya, kegiatan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, mencuci buah-buahan sebelum dikonsumsi, dan juga menjaga kebersihan diri.  

Selain menjaga kebersihan dan memenuhi asupan gizi yang tepat, mendukung nutrisi si Kecil untuk memaksimalkan sistem kekebalan tubuhnya sangatlah perlu. Nutricia bisa menjadi salah satu pilihan agar kebutuhan nutrisinya tercukupi dan ia terhindar dari sakit perut. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.