Tips Membuat Makanan untuk Menu Diet Anda

0

Berat badan merupakan hal yang cukup sensitif bagi sebagian besar wanita. Ketika angka di jarum timbangan naik, banyak wanita yang kemudian merasa panik. Mereka berusaha melakukan diet agar berat badannya kembali ideal seperti semula. Kunci utama melakukan diet adalah mengolah menu diet dengan tepat. Akan percuma jika Anda diet namun ternyata pengolahan makanannya salah. 

Selain pengolahan makanan, Anda juga perlu mengetahui kombinasi makanan yang tepat untuk disajikan. Dengan begitu, maka program diet yang Anda jalankan bisa sukses. Agar program diet sukses, berikut ini tips membuat menu untuk diet yang bisa diikuti:

Pilih Kombinasi Makanan dengan Tepat

menu diet
menu diet

Hal paling penting saat akan menyiapkan menu diet adalah memilih kombinasi makanan yang tepat. Ya, Anda harus melakukan kombinasi pada makanan. Jangan hanya menggunakan satu jenis makanan saja. Pasalnya satu jenis makanan saja tidak bisa mencukupi kebutuhan nutrisi harian Anda. 

Carilah bahan makanan yang masih segar dan kombinasikan makanan yang tidak membebani pencernaan. Sebagai contoh pilih menu berupa karbohidrat dan sayur. Kombinasi itu lebih baik dibandingkan karbohidrat dan protein karena membuat pencernaan lebih sehat. Tambahkan buah-buahan agar lebih berwarna.

Gunakan Minyak Pilihan

Ketika menjalankan program diet, Anda tidak boleh menggunakan sembarangan minyak. Gunakan minyak pilihan yang rendah kolesterol atau minyak kelapa. Hindari minyak sayur tidak direkomendasikan karena berisiko meningkatkan berat badan. Selain itu, perhatikan juga penggunaan minyak. Jangan menggunakan minyak secara berlebihan. Hindari menggunakan minyak bekas menggoreng atau memasak makanan sebelumnya.

Pilih Bumbu yang Tepat

Pemilihan bumbu menjadi hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan. Bumbu tetap dibutuhkan selama program diet karena bisa membuat cita rasa makanan semakin lezat. Namun biasanya Anda dianjurkan untuk tidak menggunakan MSG. sebagai gantinya, Anda bisa menambahkan bumbu lain seperti oregano, garlic, dan lain sebagainya. Selain itu, hindari bumbu instan karena dianggap kurang sehat.

Boleh Menggunakan Lemak

Kebanyakan orang tidak menggunakan lemak ketika memasak karena takut berat badannya akan naik. Namun ternyata Anda boleh menggunakan lemak tertentu meskipun sedang menjalankan program diet. Beberapa contoh bahan makanan yang mengandung lemak yaitu minyak zaitun, alpukat, dan lain-lain. Jika sudah dengan bahan-bahan tersebut, gunakan saja secukupnya karena jika berlebihan tidak akan baik untuk berat badan.

Perhatikan Waktu Memasak

Hal terakhir yang perlu diperhatikan saat memasak makanan untuk diet adalah waktu memasak. Waktu memasak ini bahkan sangat mempengaruhi kualitas makanan yang sedang Anda buat. Jangan memasak sayur hingga overcooked karena membuat kandungannya hilang. Pastikan semua bahan makanan dimasak sesuai dengan waktu yang dianjurkan. Biasanya waktu memasak dicantumkan pada resep makanan diet.

Itulah cara membuat makanan untuk menu diet yang bisa Anda ikuti. Jika masih belum berhasil juga, cobalah aplikasi diet online yang mudah didapatkan secara online. Salah satu aplikasi yang sangat direkomendasikan adalah SIRKA. Aplikasi tersebut menyediakan menu untuk diet yang sudah disetujui oleh para ahli gizi. Semua ahli gizi yang bekerja sama dengan SIRKA adalah orang-orang terakreditasi dan berlisensi. Jadi Anda tidak perlu khawatir.

SIRKA sendiri adalah aplikasi berbasis mobile. Bukan hanya untuk pengguna android saja, aplikasi ini juga bisa digunakan oleh pemilik sistem operasi iOS. SIRKA menyediakan berbagai jawaban atas permasalahan diet. Segera download dan install aplikasinya melalui App Store atau Play Store. Informasi yang lebih lengkap mengenai aplikasi bisa langsung Anda lihat di www.sirka.io

Leave A Reply

Your email address will not be published.