Kemudahan Bayar BPJS Kesehatan dan Metode Pembayarannya

0

Saat ini keberadaan berbagai macam teknologi dapat memudahkan anda untuk mengatur segala urusan dalam kehidupan. Salah satunya dari teknologi dalam tata cara pembayaran berbagai macam kebutuhan. Tentunya Anda harus update dan mengetahui layanan tersebut. Satunya dengan cara bayar BPJS Kesehatan yang saat ini merupakan sebuah kebutuhan karena memiliki berbagai macam keunggulan dan juga kelebihan untuk anda dan keluarga. 

Selain dari keunggulan dan kelebihannya juga untuk membuat BPJS Kesehatan dapat dilakukan dengan mudah saat ini. Adanya tinggal mempersiapkan berbagai macam persyaratan yang diperlukan memperoleh layanan yang memiliki keuntungan segudang. Simak juga informasi berikut ini Sebagai tambahan referensi bagi anda. 

bayar BPJS Kesehatan

Kini pendaftaran BPJS Kesehatan dapat dilakukan online maupun offline. Jika pendaftaran BPJS Kesehatan dilakukan secara offline, maka peserta akan langsung mendapatkan kartu fisik BPJS Kesehatan sesuai tuntunan pendaftaran kepesertaan. Namun, bagaimana dengan peserta yang mendaftarkan diri secara online?

Kartu BPJS tersedia dalam dua jenis, yaitu kartu fisik dan digital. Kartu digital dapat dilihat di aplikasi Mobile JKN. Peserta yang mendaftarkan diri secara online maka kartu digital akan langsung muncul di aplikasi. Namun bagaimana jika ingin memiliki kartu fisik sehingga dapat ditunjukan apabila diperlukan tanpa harus bergantung pada ponsel atau aplikasi Mobile JKN? Peserta dapat mencetak kartu fisik BPJS Kesehatan secara mandiri. 

Terdapat dua cara mencetak kartu digital BPJS Kesehatan menjadi kartu fisik yaitu melalui website dan melalui aplikasi Mobile JKN. Simak tata caranya di bawah ini. 

Tata cara cetak kartu fisik BPJS Kesehatan melalui website. 

Kunjungi laman resmi BPJS Ketenagakerjaan bpjs-kesehatan.go.id.

Login dengan menggunakan email dan kata sandi yang sudah terdaftar sebelumnya. 

Pilih menu “Cetak Kartu”.

Kemudian pilih menu “Data”.

Klik “Cari Data”.

Masukkan NIK anda pada halaman pencarian .

Setelah kartu BPJS Kesehatan tampil di layar, pilih menu “Cetak Kartu”.

Tata cara cetak kartu fisik BPJS Kesehatan melalui aplikasi Mobile JKN. 

Masuk dengan menggunakan nama akun dan kata sandi yang anda miliki. 

Pilih menu “Kartu” yang terdapat di bagian paling bawah aplikasi dan aplikasi Mobile JKN akan menampilkan kartu digital anda.

Pilih menu “Kirim Email” yang berada di kanan bawah aplikasi. 

Akan muncul tampilan “Apakah Anda ingin mengirim kartu E-ID ke email Anda?” dan pilih “Ya”. 

Kartu digital akan dikirimkan melalui email anda. 

Buka email kartu digital dan cetak kartu BPJS Kesehatan Anda. 

Demikian merupakan penjelasan bagaimana cara mencetak kartu digital BPJS Kesehatan menjadi kartu fisik. 

Bank Sinarmas memiliki layanan untuk pembayaran iuran bulanan BPJS, pembayaran dapat dilakukan menggunakan ATM, Internet Banking, SimobiPlus dan Teller. Setiap pembayaran BPJS Kesehatan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp. 2.500,- per transaksi. Berikut merupakan penjelasan terperinci mengenai pembayaran BPJS dengan berbagai cara, diantaranya :

ATM

Peserta dapat membayar menggunakan ATM dengan memasukan kode nomor berikut

(jumlah bulan yang akan dibayar) + 88888 + 11 digit terakhir nomor kepesertaan BPJS Kesehatan.

Contoh:

Pembayaran 1 bulan: 01+88888+02045449203 = 018888802045449203

Internet Banking/SimobiPlus

Isi field:

IDPEL : 88888 + 11 digit terakhir nomor kepesertaan BPJS Kesehatan

Jumlah Bulan: Pilih jumlah bulan yang akan dibayarkan

Teller

Pembayaran iuran dapat dilakukan dengan cara mendatangi kantor cabang Sinarmas dan melakukan pembayaran langsung kepada teller. Pembayaran dilakukan dengan cara peserta menginformasikan nomor kepesertaan BPJS dan membayar sesuai tagihan pada petugas teller. 

Berbagai macam fasilitas tersebut tentunya merupakan fasilitas yang sangat dibutuhkan bagi setiap orang. Apalagi dengan didapatkan cara pembayarannya yang sangat mudah seakan menambah keuntungan yang bisa didapatkan. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.