Penyebab Iritasi Mata Serta Cara Mengatasinya dengan Cepat!

Walaupun bukan menjadi suatu permasalahan yang serius, nyatanya mengalami iritasi mata ini bisa menjadi penyebab berkurangnya rasa nyaman Anda dalam beraktivitas. Dengan demikian, penting untuk mengetahui kenapa masalah ini bisa terjadi, berikut dengan cara mengobatinya dengan cepat dan tepat. 

Ketahui Penyebab Iritasi pada Mata

Ada beberapa faktor yang bisa melatarbelakangi terjadinya Iritasi mata ini. Adapun diantaranya adalah sebagai berikut: 

  • Masuknya Partikel Kecil 

Masuknya partikel kecil seperti asap, debu dan lain sebagainya, bisa menjadi pemicu terjadinya iritasi pada mata. 

  • Infeksi

iritasi pada mata juga bisa disebabkan oleh adanya infeksi bakteri atau virus tertentu, yang bisa mengakibatkan mata menjadi berair, terasa gatal dan juga mata yang memerah. 

  • Alergi

Terpapar dari serbuk sari, bulu hewan, atau bahan kimia tertentu, bisa menjadi pemicu terjadinya alergi, sehingga bisa menyebabkan iritasi pada mata Anda. 

  • Efek Penggunaan Produk Kecantikan

Menggunakan produk kecantikan seperti maskara atau eyeliner yang sudah kadaluarsa, atau bahan kimia yang tidak sesuai, nyatanya juga bisa menjadi pemicu terjadinya iritasi pada mata seseorang. 

Cara Mengatasinya yang Benar

Berikut cara mengatasi permasalahan iritasi pada mata ini, dengan benar.  

  1. Membersihkan Area Mata

Mendapati mata terkena iritasi, cara mengatasinya bisa dengan cara membersihkan area mata dengan menggunakan air yang bersih. Lakukan dengan hati-hati, sampai partikel kecil yang menjadi penyebab terjadinya iritasi pada mata ini, bisa menghilang. 

  1. Jangan Mengucek Mata

Ketika mata Anda terkena iritasi, hindari untuk mengucek mata walau terasa perih ataupun gatal. Sebab dengan mengucek mata, malah akan malah memperparah keadaan iritasi pada mata Anda.  

  1. Gunakan Tetes Mata

Mengatasi mata terkena iritasi bisa Anda lakukan dengan meneteskan obat tetes mata yang sudah terbukti aman, seperti dari INSTO misalnya. Selain bisa membantu meredakan gejala iritasi, obat tetes mata ini juga bisa memberikan kelembaban pada mata Anda.  Iritasi mata ini kalau dibiarkan terlalu lama, tentu saja akan mempengaruhi kenyamanan Anda dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Walaupun dengan melakukan beberapa cara mengatasi diatas belum bisa menyembuhkan, maka bisa berkonsultasi segera ke dokter mata terdekat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *