Penyebab rusaknya kesehatan mata

106

Mata adalah bagian organ tubuh yang sangat penting. Maka dari itu kesehatan dari mata harus dijaga. Sebab bagaimana pun tanpa mata kita akan kesulitan dalam melaksanakan aktifitas sehari hari. Namun terkadang kita selalu menyepelekan kesehatan dari mata, melalui beberapa aktifitas yang kita jalankan.

Secara tidak sadar kita sering melakukan hal sepele yang secara lambat laun akan merusak kesehatan dari mata kita. Namun memang tidak semua orang menyadari bahwa ia telah merusak matanya sendiri. Berikut ini beberapa aktifitas atau kebiasaan yang dapat merusak  kesehatan mata, di antaranya adalah :

1. Membaca buku sembari tidur

Selama ini kita sudah mengetahui bahwa membaca buku sembari tertidur akan mengakibatkan mata menjadi cepat lelah, sehingga lambat laun mata akan menjadi rusak. Hal ini diakibatkan oleh cahaya yang harusnya membantu mata untuk melihat buku terhalangi oleh posisi buku jika anda membaca buku sambil terlentang. Sebaiknya anda membaca buku sambil duduk dalam pencahayaan yang cukup dan juga dalam jarak yang cukup jangan terlalu dekat maksudnya.

2. Menonton tv terlalu dekat

Selain itu, ketika anda menonton tv terlalu dekat hal ini juga bisa menjadikan mata anda mudah rusak. Biasanya yang terbiasa menonton tv dalam jarak dekat itu adalah anak anak. maka dari itu perlu adanya pengarahan dari anda kepada anak anak anda untuk tidak menonton tv terlalu dekat. Sebab jika menonton tv terlalu dekat, maka cahaya tv akan merusak mata anda. selain itu juga jika berada terlalu dekat dengan tv maka anda akan rentan terkena radiasi dari tv itu sendiri. Sebaiknya menyimpan tv sedikit jauh dari pandangan mata, dan harus lurus dengan mata supaya tidak pegal dan tidak pusing jika posisinya kurang tepat.

3. Melihat objek yang terang terlalu lama

Termasuk jika anda melihat objek yang terang dalam jangka waktu lama, anda juga harus berhati hati karena itu akan mengakibatkan kerusakan mata salah satunya.

Itulah beberapa kebiasaan yang dapat merusak kesehatan mata anda secara lambat laun.