Dampak Positif dan Negatif Gadget Pada Anak

Gadget anak adalah salah satu pembahasan yang masih menjadi kontoversial karena sebagian orang menganggap kalau gadget bagi anak – anak adalah suatu hal yang tidak diperbolehkan sementara disisi lain diperbolehkan. Inilah yang kemudian menjadi polemik berkepanjangan yang berdampak pada orang tua yang menjadi bingung dalam menentukan sikap.

Di negara kita sendiri, sudah ada banyak sekali orang tua yang memfasilitasi anak – anaknya gadget bahkan sejak dini. Meskipun beberapa pakar pun telah menjelaskan dampak buruknya bagi mereka. Bagi anda yang masih bingun dalam menentukan sikap anda tentang gadget untuk anak ini, berikut akan saya paparkan dampak positif dan negatif-nya.

  • Dampak Buruk Gadget

Ahli parenting, psikologis, serta pemerhati kesejahteraan anak sudah mengkhawatirkan sejak lama efek dari gadget seperti smartphone, tablet, dan berbagai macam jenis gadget lainnya dengan fitur touchscreen yang diberikan pada anak yang masih di bawah usia tiga tahun. Mereka mempercayai bahwa waktu bermain anak – anak yang dihabiskan dengan hanya memperhatikan layar gadget akan memiliki efek yang negatif terhadap otak anak yang sedang berkembang dalam usianya tersebut.

Maka dari itu, kebanyakan dari mereka memperingatkan para orang tua bahwa menggunakan gadget seperti tablet atau smartphone untuk mengalihkan perhatian si kecil ternyata bisa dapat merugikan perkembangan sosial-emosional mereka yang tentunya akan berdampak buruk.

  • Dampak Positif Gadget

Gadget anak pun ternyata memiliki dampak yang positif juga. Karena para peneliti di University of Washington pernah menjelaskan dan mengungkap fakta bahwa gadget yang modern ternyata tidak diperlukan dalam kemantapan proses tumbuh kembang si kecil.

Meski demikian, ada bukti bahwa ternyata dengan memilah serta memilih acara tv khusus untuk anak dalam membantu proses pembelajaran sejak dini sementara itu e-books, dan aplikasi mobile khusus untuk belajar membaca agar bisa membantu perluasan kosakata serta pemahaman bahan bacaan.

Dampak positif dan negatif gadget untuk anak di atas bisa anda jadikan sebagai rekomendasi kapan tepatnya anda memfasilitasi anak anda untuk menggunakan gadget setiap hari atau untuk berbagai macam kebutuhannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *