Diamond Nusantara Khas Kalimantan Sebagai Berlian Terbaik di Dunia

Berlian terbaik tidak selalu harus dari luar negeri. Ternyata, diamond nusantara atau berlian khas tanah air pun ada yang sudah mendunia. Salah satunya adalah berlian dari Kalimantan. Hingga saat ini, berlian dari Kalimantan masih menduduki peringkat tertinggi di dunia. Namun, pengolahannya yang masih kurang maksimal, membuat harganya lebih rendah dari berlian Afrika dan negara lainnya. Secara kualitas, sumber penghasil batu berlian di Kalimantan adalah yang terbaik.

Namun, pembuatannya masih dilakukan secara tradisional. Keunggulan lain yang dimilikinya terletak dari segi kematangan bahan bakunya. Menurut sejarah yang dipaparkan oleh Yopi Mesa Yudi, Kalimantan dulunya  adalah sebuah gunung besar, lalu kemudian meledak menjadi sebuah daratan. Sehingga, tingkat kematangan di dalamnya sangat bagus, baik itu emasnya maupun diamond-nya.

Untuk meningkatkan kualitas berlian dari Kalimantan, saat ini telah didatangkan para ahli pembuat berlian dari luar negeri. Hal ini dilakukan untuk melatih perajin berlian Kalimantan dari cara tradisional ke cara modern. Dengan cara ini, diharapkan diamond nusantara tidak akan kalah dan mampu bersaing dengan berlian dari luar negeri. Ada beberapa tingkat kualitas berlian yang mempengaruhi nilai jualnya. Seperti selisih nilai jual dari excellent ke very good akan meningkat sebesar 20%, kemudian dari very good to good meningkat menjadi 30%. Terakhir, dari good ke tahap excellent bisa mencapai setengah harga atau 50%. Namun sebaliknya, berlian yang diproses dengan cara yang tidak benar, atau tidak karuan dalam penggosokannya, tentu nilai jualnya akan semakin rendah.

Meskipun berlian adalah jenis batu mulia langka, tapi ketersediaannya masih bisa kita temukan. Hal ini dibuktikan dengan hadirnya toko-toko berlian di tanah air yang menyediakan produk berlian asli dan bersertifikat. Berlian cocok digunakan untuk berbagai aktivitas. Selain itu, terdapat beragam desain cantik yang bisa Anda sesuaikan dengan aktivitas sehari-hari. Demikianlah penjelasan tentang keunggulan dari diamond nusantara khas Kalimantan yang mendunia. Jika Anda tertarik untuk menginvestasikan uang atau membelinya untuk perhiasan, pastikan berlian Anda memiliki sertifikat. Beli hanya di toko perhiasan terpercaya, baik melalui online store maupun toko konvensional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *