Penjelasan Brand Monitoring Beserta Tips dan Perangkat Pendukung

Membicarakan pemantauan merek dagang memang sangat menarik, apalagi di dunia bisnis kekinian yang serba digital. Penting bagi pengusaha untuk mengetahui apa kata konsumen tentang brand monitoring atau pemantauan merek. Mengapa hal ini penting? Bagaimana cara memulainya? Dan bagaimana tips dan perangkat pendukungnya? Sebelum membicarakan hal tersebut, sebaiknya kita kenalan dulu dengan apa itu pemantauan merek.

Apa Itu Pemantauan Merek?

Pemantauan merek merupakan sebuah proses pemantauan dari berbagai saluran untuk menemukan penyebutan suatu merek dagang. Selain itu, brand monitoring juga menilai apa yang dikatakan oleh konsumen atau orang lain tentang suatu merek dagang. Fokus dari pemantauan merek ini mencakup artikel atau surat kabar tentang merger atau pengaduan di media sosial.

Brand Monitoring
Brand Monitoring

Tujuan dari pemantauan merek ini adalah untuk menanggapi serta menindaklanjuti penilaian khalayak tentang suatu merek dagang. Sehingga pemilik merek dagang bisa mendapatkan informasi krisis sebelum krisis benar-benar terjadi. Pemilik merek dagang juga dapat memantau bagaimana tanggapan orang lain tentang produknya.

Area Mana Yang Harus Dipantau?

Secara khusus Anda harus memantau beberapa tempat dan sebanyak mungkin, baik level bisnis Anda masih tergolong kecil atau sudah multinasional. Melalui smartphone, netizen bisa membicarakan merek Anda, dengan berkembangnya teknologi dan informasi, komunikasi bergerak cepat. Beberapa saluran dan area tersebut diantaranya:

  1. Media cetak, mulai dari koran sampai majalah
  2. Publikasi serta blog online
  3. Forum
  4. Platform media sosial, dan
  5. Media broadcast

Selain saluran dan area tersebut di atas, pengusaha juga wajib memperhatikan hal berikut ini: 1) merek dan produk, 2) staff utama, 3) tautan masuk ke situs web, 4) dan publikasi, pengaruh, dan istilah yang masih memiliki keterkaitan dengan industri.

Perangkat Pendukung

Untuk mendukung brand monitoring dibutuhkan perangkat pendukung. Alat pendukung tersebut di luar sana sangat banyak jumlahnya. Berikut ini 6 perangkat pendukung yang direkomendasikan, yaitu Google Alerts, Google Search Console, Ahrefs, Brandwatch Analytics, LexisNexis, dan TweetDeck.

Demikian penjelasan secara umum tentang pemantauan merek dagang untuk kemajuan bisnis Anda. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *