Tahapan Tumbuh Kembang Anak Dibawah 1 Tahun

0

Salah satu faktor penting bagi setiap pertumbuhan anak-anak adalah ketika berusia 0 sampai 12 bulan. Mengetahui stimulasi tumbuh kembang anak yang tepat bagi semua orang tua merupakan salah satu hal yang sangat penting karena hal tersebut sangat berpengaruh untuk menangani berbagai macam permasalahan atau gangguan yang mungkin terjadi timbul selama masa pertumbuhan.

Berikut ini ada beberapa macam fase perkembangan anak yang perlu diketahui oleh semua orang tua ketik salah satu contohnya ketika bayi baru lahir atau kurang dari 1 bulan. Pada tahapan ini semua bayi akan kehilangan kurang lebih 10% dari berat badan setelah hari kedua mereka lahir. Akan tetapi hal tersebut akan kembali normal dan mendapatkan berat lahirnya kembali ketika memasuki minggu yang kedua. Selain itu pada usia tersebut berat bayi akan bertambah 30 gram setiap harinya sedangkan panjang bayi akan bertambah sekitar 3 sampai 4 cm.

Tahapan selanjutnya yang perlu diketahui untuk bisa menentukan stimulasi tumbuh kembang anak yang tepat adalah ketika berusia 1 sampai 3 bulan. Pada usia ini berat bayi akan bertambah sekitar 680 sampai 910 gram setiap bulannya. Sedangkan untuk tinggi badannya akan bertambah sekitar 2,5 cm setiap bulannya. Pada saat ini semua bayi juga bisa mengangkat kepala dan dadanya pada posisi tengkurap hingga mencoba mengambil benda-benda yang ada di sekitarnya.

stimulasi tumbuh kembang anak
stimulasi tumbuh kembang anak

Menjelang usia 4-6 bulan pertumbuhan baik akan memiliki berat badan sekitar 2 kali lipat dari berat lahir nya. Untuk tinggi badannya akan terus bertambah sekitar 1,25 hingga 2,5 cm perbulannya. Pada usia ini bayi juga akan bisa tersenyum kepada orang asing yang mengajak berkomunikasi hingga mampu duduk dengan tegap meskipun harus tetap disangga.

Fase berikutnya adalah ketika bayi berusia 7 sampai 9 bulan yang akan sangat berpengaruh terhadap menentukan stimulasi tumbuh kembang anak yang tepat. Pada usia ini semua bayi akan bertambah berat badannya sekitar 420 gram setiap bulannya. Sedangkan setiap bulannya mereka akan memiliki tinggi badan yang terus bertambah sekitar 1,25 cm.

Pada periode ini bayi akan bisa merangkak dan mendorong sedikit demi sedikit hingga mampu mengangkat sesuatu dengan ibu jari dan telunjuk nya. Menginjak usia 10 sampai 12 bulan berat badan bayi akan mencapai 3 kali berat badan lahirnya selain itu mereka juga akan mampu berdiri dengan usahanya sendiri bahkan berjalan tanpa bantuan orang lain.

Leave A Reply

Your email address will not be published.