Menghitung Keuntungan Investasi Menggunakan Kalkulator Deposito

0

Dalam dunia investasi, begitu beragam jenis investasi yang dapat anda coba dan ikuti. Investasi deposito adalah salah satu contoh investasi yang dapat anda ikuti. Investasi deposito termasuk investasi yang memiliki jumlah resiko yang begitu sedikit. Mengapa demikian? Karena pihak LPS sudah memberikan keamanan kepada pada nasabah dalam proses penyimpanannya.

Dalam deposito sendiri juga memiliki alat untuk menghitung besarnya bunga dan keuntungan yang didapat menggunakan kalkulator deposito. Perlu anda ketahui bahwa investasi deposito ini sangat banyak yang meminati karena, semakin lama anda menyimpan uang maka akan semakin banyak bunga yang akan diterima. Oleh sebab itu, deposito banyak diminati bagi nasabah yang menginginkan jumlah bunga yang tinggi. 

kalkulator deposito
Kalkulator deposito

Lalu bagaimana sih cara agar mendapatkan keuntungan dari investasi deposito? Yuk simak dan terapkan beberapa ulasan berikut ini agar anda mendapatkan keuntungan dari investasi deposito! 

  • Memilih Bank yang Dapat Dipercaya

Tips pertama yang dapat anda gunakan agar mendapatkan keuntungan dari deposito adalah dengan memilih bank yang dapat dipercaya dan memiliki reputasi yang baik. Karena begitu banyak penawaran yang dilakukan oleh banyak bank dan terlihat begitu menarik. Namun, anda jangan terburu-buru memutuskan untuk menggunakan bank tersebut. Carilah tahu keamanan dan keabsolutan bank tersebut.  Anda jangan tertarik dengan jaminan bunga yang banyak sehingga menggiurkan anda. Ingatlah bahwa pihak LPS bisa menjamin uang anda dalam takaran atau jumlah yang telah ditentukan yaitu maksimal 6,5%. LPS tidak bertanggung jawab penuh terhadap uang investasi anda. Jika ada suatu masalah misalnya dengan hangusnya dana yang anda investasikan, LPS tidak bisa menanggungnya.

  • Tentukan Batas Waktunya 

Deposito berjangka merupakan produk yang biasa direkomendasikan oleh pihak bank kepada nasabah. Mereka juga menawarkan begitu banyak batas waktu yang dapat digunakan untuk berinvestasi.  Anda dapat menentukan jangka waktu penyetoran dan penarikannya. Misalnya adalah mingguan, bulanan, atau tahunan. Perlu anda ingat juga bahwa investasi deposito tidak dapat bebas dalam penyetoran dan penarikannya karena deposito memiliki jangka waktu tersebut. Oleh sebab itu pikirkan dan tentukan secara matang jangka waktu yang anda gunakan, agar anda mendapatkan keuntungan. 

  • Bandingkan Suku Bunganya 

Tips selanjutnya adalah dengan membandingkan suku bunga antar bank yang memiliki deposito. Perlu anda ketahui bahwa setiap bank memiliki suku bunga yang berbeda. Mengapa perlu adanya pertimbangan yang matang karena perbandingan suku cabang antar bank? Karena hal tersebut merupakan cara terpenting agar anda bisa mendapatkan keuntungan dari investasi deposito. Karena tidak semua bank memiliki suku bunga yang rendah, ada pula bank yang memiliki suku bunga yang tinggi. Jika anda salah memilih bank dengan suku bunga yang rendah, maka anda akan mengalami kerugian begitupun sebaliknya. Untuk bank Sinarmas, Anda bisa menggunakan kalkulator deposito supaya lebih mudah.

  • Memahami Alokasi Dana 

Ketika anda memutuskan untuk menggunakan produk deposito, anda harus memahami alokasi dana agar anda tidak merugi. Perlu anda ketahui bahwa terdapat system laddering yang dapat membantu anda dalam membagi dana investasi deposito yang anda miliki. Sistem pembagian laddering adalah sistem pembagian dana yang memiliki jangka waktu yang telah ditentukan. Apa keuntungan menggunakan sistem tersebut? dengan menggunakan system laddering, anda akan mendapatkan banyak keuntungan jika suku bunganya naik. 

Penjelasan di atas adalah penjelasan terkait beberapa tips yang dapat anda lakukan agar mendapatkan keuntungan dari investasi deposito, khususnya di Bank Sinarmas. Karena di Bank Sinarmas ini Anda juga dapat menghitung suku bunga yang akan anda dapatkan menggunakan kalkulator deposito yang telah disediakan. Semoga bermanfaat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.