7 Peluang Kerja Untuk Lulusan Cyber Security Indonesia

0

Ada banyak sekali peluang kerja bagi para lulusan Teknologi Informasi, atau TI. Terutama di bidang keamanan siber. Jadi, bagi Anda yang berminat untuk kuliah di bidang cyber security Indonesia, Anda tidak perlu khawatir terkait peluang kerja. Pasalnya, ada banyak peluang yang bisa Anda raih.

Bagi yang bingung, berikut kami jelaskan peluang-peluang kerja apa yang bisa Anda raih ketika lulus menjadi seorang keamanan siber:

1.  Menjadi Seorang Security Engineer

Tugas seorang security engineer adalah membangun dan memelihara sistem keamanan. Posisi dari pekerjaan ini yaitu berada pada tingkat menengah. Job desc dari profesi ini yaitu memasang firewall, menguji keamanan, melacak insiden, dan pekerjaan-pekerjaan seputar pengujian keamanan maupun jaringan.

cyber security Indonesia
cyber security Indonesia

2.  Menjadi Seorang Konsultan Keamanan Siber

Hampir setiap perusahaan saat ini sudah menggunakan komputer dan jaringan internet dalam menjalankan bisnisnya. Artinya, setiap perusahaan  pasti ingin komputer dan jaringan internetnya dalam keadaan yang aman. Itulah kenapa, seorang konsultan di bidang terkait sangat dibutuhkan untuk mengoptimalkan keamanannya.

3.  Sebagai Penetration Tester

Pernah mendengar istilah white hat hacker? Istilah tersebut yaitu untuk orang-orang yang ahli dalam hacking, namun menggunakan keahliannya dengan cara yang benar. Umumnya, seorang white hat hacker, bekerja sebagai penetration tester.

Tugasnya pun tergolong sangat vital, yaitu sebagai orang yang menganalisa bug secara mendalam. Seorang penetration tester harus menganalisa bug-bug sistem yang mengganggu.

4.  Seorang Developer Software Security

Dari namanya saja, kita sudah sedikit mengetahui gambaran dari profesi developer software security. Jika Anda memiliki keahlian untuk memikul tanggung jawab dalam pengembangan software keamanan, serta mengintegrasikannya pada sistem perusahaan, maka cocok untuk posisi pekerjaan ini.

5.  Seorang Auditor Security

Auditor security adalah sebuah keahlian untuk memeriksa apakah sistem keamanan perusahaan sudah efektif atau belum. Selain itu, job desc dari profesi ini, juga harus bisa memberikan solusi dalam meningkatkan sistem keamanan agar lebih optimal.

Sederhananya, job desc dari seorang auditor security, yaitu mengamankan sistem perusahaan dari serangan siber.

6.  Seorang Security Analyst

Seorang analis di bidang keamanan siber ini, memiliki tugas untuk mencegah ancaman siber pada perusahaan tempat dia bekerja. Selain itu, tugasnya pun meliputi analisa risiko,  audit internal dan eksternal, implementasi, dan juga perencanaan-perencanaan terkait keamanan siber.

7.  Bekerja Sebagai Incident Responder

Jika sistem pada perusahaan mengalami insiden atas serangan cyber, maka seorang incident responder harus sigap dalam menanganinya. Pasalnya, job desc atau tugas dari profesi ini yaitu bertanggung jawab dalam melakukan pencegahan maupun edukasi pada saat terjadi penyerangan atau insiden.

8.  Bekerja Sebagai Komputer Forensic Specialist

Tanggung jawab seorang Forensic Specialist ini bisa dikatakan mirip sebagai seorang detektif Profesi ini akan dituntut untuk mengakses dan juga menganalisa bukti yang diambil dari berbagai aspek, mulai dari jaringan internet hingga sistem komputer. Selain itu, profesinya juga meliputi pengadaan latihan untuk bidang komputer forensik.

9.  Arsitek Keamanan

Profesi ini, akan bertugas untuk mengimplementasikan serta mengawasi keamanan jaringan komputer di suatu perusahaan. Tugasnya pun meliputi meriset, mendesain, dan juga mengembangkan arsitek keamanan siber suatu perusahaan. Dengan begitu, keamanan sistem dan jaringan menjadi lebih optimal dan sulit ditembus oleh hacker.

Itulah 9 profesi bagi seorang lulusan cyber security Indonesia. Berencana untuk kuliah di bidang tersebut? Kini, Anda bisa mendaftar di IDS Digital College. Di sini Anda akan belajar keamanan siber secara detail dari orang-orang yang ahli dan berpengalaman di bidang terkait. Tertarik?

Leave A Reply

Your email address will not be published.