Cara Memilih Bank Deposito yang Tepat untuk Kamu

0

Semakin hari generasi muda jaman sekarang makin paham pentingnya menjaga kesehatan finansial, termasuk dalam berinvestasi untuk mempersiapkan kebutuhan keuangan di masa mendatang. Ada banyak cara untuk berinvestasi, salah satu opsinya adalah dengan produk deposito yang memiliki kelebihan pada bunga deposito nya.

Deposito sering dilirik menjadi opsi terbaik untuk menabung dalam jangka waktu tertentu. Selain karena mengurusnya tidak sulit, bunga deposito yang relatif lebih tinggi dari tabungan biasa juga membuat produk deposito bisa dijadikan sebagai aset investasi yang menguntungkan.

Ada berbagai Bank yang menyediakan layanan tabungan deposito, tapi ada beberapa hal yang kamu perlu perhatikan saat memilih bank deposito yang tepat untuk kamu, yaitu:

bunga deposito
bunga deposito
  1. Reputasi Bank

Memperhatikan reputasi dari Bank yang akan kamu jadikan tempat menabung deposito adalah hal yang penting sebelum kamu menyimpan uang. Punya likuiditas yang oke, sistem keamanan berlapis, maupun pelayanan terbaik. Carilah info sebanyak mungkin, bisa dari internet maupun dari teman-teman kamu yang sudah berpengalaman di bidang yang berkaitan dengan finansial. Jadi, kamu akan merasa aman, nyaman menempatkan uangmu di bank tersebut. 

  1. Besaran Bunga Deposito

Sudah pasti tingkat bunga deposito menjadi salah satu pertimbangan utama banyak orang sebelum membuka deposito. Kamu harus cari informasi terlebih dahulu bank mana yang memberi suku bunga deposito tertinggi. Semakin tinggi bunga deposito, semakin besar keuntungan yang kamu dapatkan.

  1. Jangka Waktu Deposito

Perbedaan jangka waktu deposito juga berdampak pada besaran bunga deposito yang diberikan bank. Biasanya semakin lama jangka waktu maan semakin tinggi bunga deposito yang ditawarkan oleh pihak Bank. Kamu bisa pilih jangka waktu yang sesuai tujuan investasi Kamu. Misalnya untuk biaya pendidikan anak 2 tahun lagi. Pilih yang tenornya 24 bulan. 

  1. Biaya Deposito

Ada beberapa Bank yang mengenakan biaya administrasi perbulan dalam layanan depositonya serta biaya penalti jika kamu melakukan penarikan uang sebelum jatuh tempo. Tapi, lebih baik kamu pastikan dulu mana bank yang menawarkan demikian. Jangan sampai sudah nyemplung, baru tahu, malah kecewa nantinya. 

  1. Penarikan Dana Sebelum Jatuh Tempo

Penarikan dana tersebut biasanya akan dikenakan penalti. Biaya penalti akan diberlakukan apabila nasabah menarik tabungannya sebelum waktu deposito habis. Kebanyakan bank akan menghilangkan kesempatan untuk memperoleh bunga sebagai penaltinya, tetapi kebijakan di setiap bank bisa saja berbeda. Kamu bisa pastikan dulu sebelum memilih deposito yang tepat untuk kamu.

  1. Fitur yang Diberikan

Ketahui juga fitur apa saja yang diberikan oleh bank pada nasabah yang menggunakan deposito. Ada Bank yang sudah memiliki layanan online sehingga kamu bisa membuka rekening deposito hanya lewat ponsel pintar kamu. Kamu juga bisa cari tahu apakah bank tersebut menggunakan fasilitas perpanjangan deposito otomatis atau disebut dengan (Automatic Roll Over) yang akan sangat memudahkan transaksi nasabah. 

Contohnya pada Bank Sinarmas yang menyediakan berbagai kemudahan dalam membuat rekening deposito secara online. Bank Sinarmas juga memberikan opsi setoran awal untuk rekening deposito online nya mulai dari Rp500.000 dengan suku bunga 3.5% dan jangka waktu hingga 36 bulan sehingga kamu bisa mudah memulainya dan bisa sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan finansial kamu

Itulah beberapa cara memilih bank penyelenggara layanan deposito yang bisa kamu praktikan untuk mendapatkan layanan yang paling sesuai dengan kebutuhan dan keadaan finansial kamu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.