Ini Serba-Serbi Durian, Si Raja Buah yang Wajib Anda Tahu

0

Sebagai penduduk negara tropis, pastilah Anda mengenal buah durian. Buah yang kerap disebut sebagai “King of Fruits” ini memang sangat dikenal dengan aromanya yang sangat wangi semerbak. Tak hanya sangat wangi, daging buah durian juga bertekstur lembut dengan citarasa manis yang membuat Anda ketagihan. Tak mengherankan, buah durian ini tidak pernah sepi peminat. Anda dapat membeli buah durian ini di kios buah di pinggir jalan hingga di berbagai supermarket. Selain memiliki rasa yang manis dan bisa digunakan sebagai hidangan pencuci mulut, durian juga memiliki sejumlah manfaat. Berikut adalah ulasan manfaat yang bisa Anda peroleh dengan mengonsumsi buah durian:

  1. Dapat Membantu Mencegah Sakit Kanker

Buah durian merupakan salah satu sumber antioksidan yang sangat diperlukan oleh tubuh. Kandungan antioksidan tersebut berperan sangat penting dalam mencegah atau menghambat pertumbuhan sel kanker. Penderita kanker payudara terutama, sangatlah disarankan untuk mengonsumsi buah durian secara rutin. Dengan demikian, diharapkan asupan antioksidan tersebut dapat membantu menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker.

  1. Mencegah Terjadinya Penyakit Kardiovaskuler

Daging buah durian mengandung lemak tak jenuh sebesar 13 gram dan serat sebesar 9 gram. Kandungan 2 nutrisi tersebut sangatlah dibutuhkan tubuh untuk menjaga sistem metabolisme tubuh. Selain itu, kandungan lemak baik dan serat di dalam buah durian juga sangat berguna untuk membantu mencegah terjadinya pembentukan plak-plak kolesterol di dinding arteri. Resiko terjadinya penyakit jantung akibat penyumbatan darah di pembuluh nadi pun dapat dihindari.

  1. Sebagai Sumber Energi Alternatif

Tahukah Anda? Dengan mengonsumsi 100 gram buah durian, Anda sudah memenuhi asupan karbohidrat harian sebesar 21%. Bagi Anda yang mencari sumber karbohidrat alternatif, dapat menyantap buah dengan aroma yang tajam ini. Dengan demikian, tubuh Anda pun akan menjadi lebih bertenaga. Anda pun jadi lebih siap dalam bekerja maupun berolahraga. Kandungan serat yang terkandung di dalam buah tersebut dapat membantu Anda menjadi lebih cepat dan awet merasa kenyang. Sehingga, buah durian sangatlah direkomendasikan bagi Anda yang ingin melakukan program diet.

  1. Memperkuat Tulang

Buah durian juga sangat dikenal dengan khasiatnya sebagai sumber kalsium. Kalsium memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga struktur tulang dan gigi agar tetap kuat. Tubuh memerlukan asupan kalsium yang cukup untuk mencegah terjadinya kerapuhan tulang atau osteoporosis. Bagi Anda yang tidak dapat mengonsumsi susu atau merupakan seorang vegetarian, dapat mengonsumsi buah durian untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian.

  1. Melancarkan Fungsi Organ Pencernaan

Masalah pencernaan seperti diare atau konstipasi seringkali disebabkan akibat kekurangan serat. Untuk itu, Anda perlu memenuhi asupan serat, salah satunya dengan mengonsumsi buah durian. Buah durian memang mengandung serat yang cukup melimpah. Dengan menyantap buah durian secukupnya, organ pencernaan Anda pun akan tetap sehat. Anda pun akan terhindar dari resiko konstipasi maupun sakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan lainnya.

  1. Mampu Stabilkan Gula Darah

Durian memang memiliki rasa yang sangat manis. Namun, indeks glikemik yang dimiliki oleh buah ini ternyata lebih rendah jika dibandingkan dengan buah-buah tropis lainnya. Selain itu, durian juga mengandung zat mangan yang berperan penting dalam mengontrol kadar gula di dalam darah. Biarpun demikian, tetap saja Anda tidak boleh mengonsumsi buah durian terlalu sering tanpa disertai dengan olahraga.

  1. Cegah Resiko Anemia

Bagi penderita anemia, menyantap buah durian sangatlah disarankan. Buah ini kaya akan kandungan asam folat. Asam folat tidak hanya diperlukan untuk membantu merawat sel-sel syaraf. Asam folat juga berperan dalam pembentukan sel darah merah. Anemia disebabkan oleh kurangnya sel-sel darah merah sehingga mengakibatkan penderitanya sering merasa lemas dan tak bertenaga. Dengan mengonsumsi buah durian yang kaya akan folat, produksi sel darah merah pun akan terdongkrak dan dapat membantu Anda mengatasi gejala anemia.

  1. Mengatasi Insomnia

Insomnia atau sulit tidur memang sangat menyebalkan. Terlebih lagi, jika Anda baru saja menjalani hari kerja yang cukup berat. Pastinya, Anda ingin memperoleh tidur malam yang nyenyak. Untuk meredakan gejala insomnia, Anda disarankan untuk menyantap buah durian. Salah satu kandungan di dalam buah durian yaitu asam amino triptofan dapat membantu Anda agar lebih muda tidur lelap. Hal ini dikarenakan saat triptofan memasuki tubuh Anda, maka zat tersebut akan diubah menjadi zat melatonin. Melatonin merupakan hormon yang sangat dibutuhkan untuk membuat Anda merasa mengantuk.

  1. Meningkatkan Daya Kekebalan Tubuh

Sama seperti buah-buah tropis pada umumnya, buah durian sangat kaya akan vitamin. Buah ini memiliki kandungan vitamin C yang cukup melimpah. Vitamin C di dalam buah durian berperan sebagai antioksidan yang bisa bantu memperkuat sistem imunitas tubuh. Konsumsi buah durian ternyata dapat membantu mencegah tubuh dari terserang virus penyakit flu dan penyakit lainnya yang umumnya muncul di musim pancaroba.

  1. Mendukung Kesehatan Organ Reproduksi

Tahukah Anda bahwa buah durian ternyata sangatlah bagus untuk sistem reproduksi wanita? Buah durian mengandung kadar estrogen yang cukup tinggi. Estrogen merupakan hormon kewanitaan yang sangat penting untuk menjaga kesuburan seorang wanita. Bagi Anda yang sedang merencanakan kehamilan, menyantap durian dapat membantu memperbesar peluang dalam memperoleh keturunan.

Inilah Tips Memilih Buah Durian yang Berkualitas

Seluruh manfaat buah durian di atas hanya bisa Anda peroleh dengan mengonsumsi raja buah yang berkualitas tinggi. Selain itu, buah durian yang berkualitas tinggi tentunya memiliki citarasa manis yang lebih terasa. Berikut adalah tips dalam memilih buah durian yang sudah matang dan siap untuk disantap:

  1. Pilih Buah Durian dengan Bentuk Bulat

Salah satu ciri dari buah durian yang sudah matang dapat dilihat dari bentuk buahnya. Buah durian yang sudah matang umumnya memiliki bentuk bulat. Ini menandakan bahwa buah durian tersebut memiliki daging buah yang sangat banyak. Namun, kebanyakan orang sering salah paham dengan memilih buah durian dengan bentuk yang memanjang. Sebenarnya, buah durian yang panjang justru memiliki daging buah yang sedikit. Hal ini dikarenakan porsi kulit durian yang lebih banyak dibandingkan daging buah itu sendiri. Salah satu contoh buah durian yang kerap Anda temukan dengan bentuk bulat adalah durian montong. Tak heran, jenis buah durian ini sangatlah populer di kalangan pencinta buah tersebut.

  1. Lihat Bagian Bawah Ujung dari Buah Durian

Buah durian yang baik tidak hanya bisa dilihat dari bentuk cangkangnya saja. Buah durian yang berkualitas juga bisa Anda lihat dari bagian ujung bawah buah tersebut. Pilihlah buah durian dengan bagian bawah yang tidak terbelah atau merekah. Buah durian yang sudah terbuka cangkangnya memang sebaiknya dihindari. Pasalnya, paparan udara yang masuk ke dalam kulit buah durian dapat mengakibatkan buah tersebut kehilangan rasa dan aroma manisnya. Tingkat kemanisan buah pun akan berkurang cukup drastis dan berubah menjadi rasa hambar.

  1. Perhatikan Bagian Tangkai Buah

Cara lain untuk mengecek kualitas dari buah durian sebelum memutuskan untuk membelinya adalah dengan mengecek bagian tangkai. Buah durian yang berkualitas terbaik merupakan jenis buah yang matang dan jatuh dari pohon. Sebaliknya, buah yang dipetik sebelum matang cenderung memiliki rasa manis yang berbeda dan kurang mantap. Oleh karena itu, sebelum membeli sebaiknya Anda memperhatikan bagian tangkai dari buah durian tersebut. apabila tangkai buah druian tersebut terlihat tidak rata, maka hal tersebut berarti bahwa buah durian itu benar-benar matang dari pohon. Sebaliknya, apabila potongan pada tangkai terlihat rapi dan rata, maka hal tersebut merupakan pertanda bahwa buah tersebut tidak matang secara alami.

  1. Ketuk Bagian Cangkang Buah dengan Pisau

Anda juga dapat mengecek kualitas kematangan dari buah durian tersebut dengan cara mengetuk cangkang buah dengan menggunakan pisau. Apabila Anda mendengar suara gema ke dalam cangkang buah, maka hal tersebut menandakan buah durian sudah matang. Sedangkan, apabila suara ketukan tersebut justru memantul ke luar, maka itu menandakan buah durian tersebut belum matang secara sempurna.

  1. Deteksi Lewat Bau

Cara lain untuk memastikan bahwa buah durian tersebut matang adalah dengan mencium aromanya. Buah durian yang matang sudah pasti akan mengeluarkan aroma wangi yang sangat menyengat. Semakin matang buah durian tersebut, akan semakin semerbak pula harumnya. Ini berbeda jika buah durian tersebut belum matang sempurna. Maka aroma yang dikeluarkan pun tidak terlalu harum.

  1. Perhatikan Bentuk Duri

Buah durian memang terasa lebih sedap jika memiliki daging buah yang kaya akan kandungan air. Walaupun, ada juga beberapa orang yang lebih menyukai jenis buah durian yang kering. Hal tersebut bisa Anda lihat lewat bentuk duri dari kulit durian tersebut. Buah durian yang memiliki daging buah juicy umumnya memiliki bentuk duri yang panjang dan rapat. Sebaliknya, buah durian dengan daging buah yang memiliki kandungan air sedikit cenderung memiliki duri yang jarang-jarang dan berbentuk lebar.

Berbagai Olahan Buah Durian yang Dijamin Tidak Akan Membosankan

Selain disantap langsung, buah durian juga dapat Anda kreasikan menjadi berbagai macam kudapan. Berikut adalah beberapa kreasi durian paling populer yang wajib Anda coba:

  1. Pancake Durian

Siapa yang belum pernah mencicipi pancake durian? Pancake durian merupakan salah satu kudapan kekinian yang pertama kali muncul di kota Medan. Hingga saat ini, pancake durian menjadi salah satu sajian oleh-oleh paling populer asal Kota Medan. Walaupun dinamai pancake, kudapan warna-warni ini memiliki tampilan yang sangat mirip dengan dadar gulung. Tekstur kulit dadar yang lembut terasa semakin nikmat saat isian daging buah durian menyentuh lidah Anda. Sensasi lumer inilah yang membuat kreasi hidangan durian ini banjir peminat.

  1. Es Krim Durian

Bagi penggemar durian yang juga suka menikmati es krim, pastilah tak membuang kesempatan untuk mencicipi es krim durian ini. Sensasi es krim rasa susu yang lembut seakan terasa semakin lumer dengan campuran daging buah durian asli yang sangat manis. Hidangan dessert yang unik ini makin banyak dicari sebagai penawar rasa haus di siang hari yang terik.

  1. Ketan Durian

Sebagai salah satu hidangan tradisional khas Indonesia, ketan memang sudah mengalami berbagai macam perubahan. Untuk menggaet kalangan anak muda, ketan tidak lagi hadir dengan topping bubuk kacang yang gurih. Anda bahkan juga bisa menikmati legitnya ketan yang bercampur dengan saus durian yang lumer. Kenikmatan menyantap hidangan kudapan ini jadi semakin terasa dengan tambahan topping daging durian yang umumnya disajikan dalam bentuk potongan utuh. Saat musim durian tiba, hidangan ketan durian memang jadi yang paling banyak dicari.

Demikianlah ulasan menarik tentang buah durian yang perlu untuk Anda ketahui. Apakah Anda siap untuk berburu buah durian?

Leave A Reply

Your email address will not be published.