Alasan Mengapa Perlu Dilakukan Sterilisasi Anjing

Sterilisasi pada hewan peliharaan seperti anjing dan kucing bukan hal yang baru lagi di kalangan masyarakat. Bahkan banyak ahli menganjurkan untuk melakukan sterilisasi anjing. Sterilisasi merupakan tindakan pembedahan untuk menghilangkan organ reproduksi anjing. Selain anjing dan kucing, sterilisasi juga dilakukan pada hewan peliharaan lain seperti marmut dan kelinci.

Meskipun dilakukan pembedahan dan pengangkatan organ tubuh, namun anjing bisa kembali bugar dalam waktu 24-48 jam pasca operasi. Oleh sebab itu, Anda tidak perlu merasa khawatir akan efek sampingnya. Ada beberapa alasan mengapa sterilisasi ini perlu dilakukan, berikut di antaranya:

Mencegah Over Populasi

Alasan utama mengapa perlu dilakukan sterilisasi anjing yaitu untuk mencegah over populasi. Berdasarkan data North Shore Animal League America, sepasang anjing bisa menghasilkan 16 anak dalam setahun. 

sterilisasi anjing

Bayangkan saja berapa anak anjing yang bisa Anda miliki jika tidak melakukan sterilisasi. Terlalu banyak populasi hewan membuat kesejahteraan anjing tentu saja semakin buruk. Akibatnya semakin banyak anjing terlantar di jalanan.

Membuat Anjing Lebih Sehat

Anjing yang sudah disterilisasi jauh lebih sehat karena bisa terhindar dari banyak penyakit berbahaya. Anjing betina bisa terhindar dari risiko kanker rahim, kanker payudara, kanker kelenjar susu, dan kanker indung telur. Sementara anjing jantan bisa terhindar dari penyakit prostat, hernia, dan kanker testis.

Mengurangi Sikap Agresif Anjing

Pada saat hormon meningkat, anjing biasanya akan lebih agresif, terutama anjing jantan. Mereka akan melakukan banyak hal agar bisa menemukan betina. Contoh sifat agresif anjing yaitu berebut pasangan hingga berkelahi, menggali tanah, dan lain sebagainya.

Mencegah Spraying

Spraying adalah istilah saat anjing mengencingi wilayah tertentu sebagai tanda bahwa wilayah tersebut miliknya. Kebiasaan tersebut tentu saja sangat mengganggu karena membuat aroma tidak sedap di mana-mana. Tindakan kastrasi pada umumnya bisa mengurangi spraying pada anjing jantan. 

Itulah beberapa alasan mengapa sterilisasi anjing itu penting. Memberikan sterilisasi pada anjing juga menjadi bentuk tanggung jawab Anda dalam memelihara anabul. Selain itu, jangan lupa juga untuk selalu memberikan makanan sehat dan bergizi dari Royal Canin. Produknya bermacam-macam sehingga bisa disesuaikan kondisi kesehatan anjing. Informasi mengenai Royal Canin bisa Anda lihat di www.royalcanin.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *